Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh jutaan umat Islam di seluruh dunia. Karena dalam bulan ini, menu pahala disajikan berlipat ganda. Selain itu, banyak peristiwa bersejarah yang perlu kita ketahui terjadi di bulan Ramadhan ini. Dan peristiwa-peristiwa tersebut patut kita ingat agar kita dapat belajar dan mengambil hikmah dari peristiwa tersebut. Berikut ini adalah 3 Peristiwa Bersejarah Yang Terjadi di Bulan Ramadhan.

Pertama adalah peristiwa Nuzulul Quran (turunnya Al-Qur’an). Dalam surat al-Baqarah ayat 185 jelas diterangkan bahwa al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan hingga mendapat sebutan Syahrul Qur’an.

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (Al Baqarah : 185)

 

Namun para ulama berbeda pendapat mengenai tanggal turunnya al-Quran di bulan Ramadhan. Pendapat yang masyhur adalah 5 ayat turun pertama kali di gua Hira’ melalui malaikat Jibril pada tanggal 17 Ramadhan. Turunnya ayat pertama kali kepada Rasulullah SAW ini sekaligus sebagai pengangkatan Nabi Muhammad SAW menjadi utusan Allah.

3 Peristiwa Bersejarah Yang Terjadi di Bulan Ramadhan

3 Peristiwa Bersejarah Yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Kedua adalah peristiwa Lailatul Qadr. Lailatul Qadr merupakan istilah yang digunakan untuk memperingati malam di mana al-Qur’an diturunkan langsung dari Allah swt secara keseluruhan baitul izzah (semacam ruang ilahiyat) yang kemudian dibawa Malaikat Djibril secara berangsur kepada Rasulullah SAW. Malam itu adalah malam mulia, malam penuh berkah yang tidak boleh diragukan lagi. Karena Allah swt sendiri menyebutnya dalam surat ad-Dukhan ayat 3

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan (Ad Dukhaan : 3)

 

Baca juga : Waktu Terbaik Untuk Berdoa dan Berpeluang Besar Dikabulkan Allah SWT

 

Ketiga adalah Perang Badar. Perang antara kaum muslimin dengan kaum kafir Quraisy yang berlangsung di pertengahan bulan Ramadhan, tepatnya 17 Ramadhan. Badar yang letaknya lebih kurang 145 km arah barat laut dari kota Madinah al-Munawwarah menjadi saksi di atas keimanan dan ketaqwaan para sahabat sehingga dengannya Allah mendatangkan bantuan-Nya kepada mereka. Perang Badar adalah pertempuran di antara kaum muslimin dan kaum musyrikin yang memiliki kekuatan 3x lipatnya, 313 pejuang ahli Badar, dengan 600 ekor kuda dan 700 ekor unta.

وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ ٱللَّهُ بِبَدْرٍ وَأَنتُمْ أَذِلَّةٌ ۖ فَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya. (Ali Imran 123).

 

Dikutip dari madaninews.id, selain 3 peristiwa bersejarah tersebut, di Indonesia juga terjadi sebuah peristiwa besar saat bulan Ramadhan, yaitu Kemerdekaan Republik Indonesia. Bagi umat Islam Indonesia, bulan Ramadhan lebih dari sekedar istimewa. Karena bulan Ramadhan menjadi saksi sejarah puncak perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah.

Dimulai dari pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia satu hari menjelang malam pertama bulan Ramadhan. Nagasaki dan Hiroshima dijatuhi bom yang menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 15 Agustus. Hingga akhirnya pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tepat tanggal 9 Ramadhan 1364 H Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di kediaman Ir Sukarno, Jl. Pegangsaan Timur 56, Jakarta.

 

 

INTERNATIONAL ISLAMIC EDUCATION COUNCIL

CALL CENTER ADMISSION: +62811 34 67 67

+62 (21) 527 – 4031 (Hunting)

LINE: IIEC-EDU

Email: info@iiec-edu.com

Address : Palma One Building 4th, Jl H.R. Rasuna Said Kav X-2 No.4 Jakarta, Indonesia. 12950

 

Official Youtube Channel: Youtube IIEC

Facebook: International Islamic Education Council

Instagram: @IIEC_IISS_IIHS

Klik untuk chat
Assalamualaikum Wr Wb,
Selamat datang di Call Center IIEC
Powered by