Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Penuh Berkah

  •   22 Jun, 2020
  •   Admin
  •   News

Banyak sekali amalan sunnah di hari Jumat yang penuh berkah ini bisa dikerjakan setiap muslim sebagai tabungan pahala bagi mereka. Hari Jum’at menjadi hari yang sangat istimewa bagi umat Islam.

Mengapa demikian? Sebab hari Jum’at disebut-sebut menjadi hari dimana doa-doa umat Islam menjadi sangat mustajab. Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di hari Jumat. Apalagi di masa work from home ini, waktu senggang saat di rumah bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin.

Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyebutkan keistimewaan hari Jumat.

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tarmidzi).

Keistimewaan hari Jumat ini juga dimaanfaatkan sebaik mungkin di SMP IISS dan SMA IIHS. Berbagai tugas dan pelajaran mengenai islamic studies diberikan setiap hari, seperti hapalan surah dan hadits, praktek ibadah, termasuk amalan-amalan sunah di hari jumat.

Berikut adalah empat amalan sunnah di hari Jumat yang penuh berkah :

1 . Membaca Surat Al Kahfi

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إن من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum’at”

Membaca surat ini bisa dilakukan pada malam atau siang hari pada Hari Jumat. Keutamaan membaca surat ini, Allah SWT akan memberikan ketenangan hati hingga satu pekan kemudian. Ketenangan hati berguna untuk menghadapi dinamika hidup. Selain itu, kita akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal.

 

2 . Memperbanyak Membaca Shalawat

Umat muslim dianjurkan untuk membaca salawat dan zikir pada hari Jumat. Membaca salawat dan zikir berguna untuk bekal di akhirat. Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda: “Maka perbanyaklah (salawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya salawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud).

 

3 . Memperbanyak Doa dan Dzikir

Allah SWT telah memberikan waktu-waktu tertentu yang menjadi mustajab atau bisa lebih mudah dikabulkan agar manusia memanfaatkan masa-masa itu, salah satunya di hari Jumat. Rasulullah SAW pernah menyatakan keutamaan berdoa pada hari Jumat yang dikabarkan Abu Hurairah.

 

“Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat, lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

4 . Memperbanyak Bersedekah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.

Sedekah tidaklah mengurangi harta. Harta tersebut akan diberkahi dan akan dihilangkan berbagai dampak bahaya padanya. Kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahannya. Walaupun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak.

Share This: