Serunya Home Learning ala Murid SMP IISS dan SMA IIHS

Genap dua minggu sejak Mendikbud mengeluarkan Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 agar seluruh kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun kampus perguruan tinggi menggunakan metode online (home learning) sebagai upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Coronavirus disease (Covid-19). Walaupun ditemukan beberapa kendala, namun proses belajar mengajar jarak jauh ini tetap bisa berjalan lancar.

Selama dua minggu ini, tenaga pendidik di SMP IISS dan SMA IIHS berusaha secara proaktif dan kreatif agar bisa menggelar kegiatan belajar-mengajar sama efektifnya dengan tatap muka di kelas. Siswa selalu diberikan motivasi agar tetap semangat belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan secara sungguh-sungguh.

Salah satu cara yang diterapkan di SMP IISS dan SMA IIHS adalah dengan memancing kreatifitas siswa di bidang videografi. Contohnya, dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa diminta memberikan opini mereka tentang pandemi wabah covid-19 yang terjadi saat ini. Penyampaian opini ini tidak disampaikan secara langsung seperti di pertemuan tatap muka, melainkan melalui kreasi video.

Selain itu, pembelajaran asrama juga mendapat perhatian khusus selama periode home learning ini. Sebagai sekolah berasrama (boarding school) siswa-siswi SMP IISS dan SMA IIHS juga mendapatkan pembelajaran asrama seperti :

Selain itu, pembelajaran asrama juga mendapat perhatian khusus selama periode home learning ini. Sebagai sekolah berasrama (boarding school) siswa-siswi SMP IISS dan SMA IIHS juga mendapatkan pembelajaran asrama seperti :

Islamic Studies

Siswa-siswi diberi tugas berupa hapalan surah, hapalan hadits, praktek ibadah, dzikir pagi dan petang, fiqh, serta sejarah rasul yang semua itu dipandu dan dibimbing oleh guru asrama mereka masing – masing. Setiap guru asrama memiliki tanggung jawab terhadap 10 siswa-siswi. Dengan kelompok kecil ini diharapkan proses pembinaan dan pengajaran akan berjalan lebih maksimal.

Interpersonal skill

Ini mencakup beberapa hal diantara nya adalah  belajar merapikan kamar dan perlengkapan pribadi, belajar public speaking , membuat video, dll.

Share This:

Related News:

IIEC Edu Trip : SMA IIHS Berwisata ke Yogyakarta

Alhamdulillah, IIEC Edu Trip yang diikuti oleh seluruh siswa & siswi IIEC telah terlaksana dengan baik. Destinasi Edu Trip kali ini adalah ke Kota Yogyakarta yang terkenal dengan wisata sejarah dan pendidikannya.