Sebagai umat muslim, kamu sudah tahu belum tanda-tanda malam Lailatul Qadar? Pada dasarnya, malam Lailatul Qadar dirahasiakan oleh Allah SWT dari umat manusia. Nabi Muhammad SAW bahkan hanya menganjurkan agar kita mencari malam tersebut terutama pada malam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Namun, malam tersebut memiliki tanda-tanda khusus. Lailatul Qadar diperingati sebagai malam turunnya Al-Qur’an secara keseluruhan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah. Malam ini lebih utama daripada malam 1.000 bulan.

.

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

Nabi Muhammad bersabda, “Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal ganjil dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (H.R. Bukhari).

Salah satu hikmah dari tidak dijelaskannya secara rinci tentang kapan Lailatul Qadar ini, adalah, umat Islam akan senantiasa tekun beribadah sepanjang Ramadhan, tidak hanya terpaku pada malam atau hari tertentu saja. Jika waktu Lailatul Qadar sudah diberitahukan sejak awal, maka konsentrasi umat hanya pada malam yang dimaksudkan.

Sudah Tahu Belum Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar?

Sudah Tahu Belum Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar?

 

Tanda Malam Lailatul Qadar

.

Meskipun Lailatul Qadar menjadi rahasia Allah, umat Islam diberi petunjuk untuk memprediksi kapan malam tersebut tiba, yaitu keesokan hari setelah Lailatul Qadar, paginya suasana akan tenang dengan cahaya mentari yang redup (tidak panas).

Selain itu, tanda Lailatul Qadar adalah pada malam hari langit sangat bersih. Hawanya tidak dingin maupun tidak panas.

Keterangan ini diperoleh berdasarkan riwayat dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Rasulullah bersabda tentang (tanda-tanda) Lailatul Qadar (yaitu) malam yang mudah, indah, tidak (berhawa) panas atau dingin, matahari terbit (pada pagi harinya) dengan cahaya kemerahan (tidak terik)” (H.R. Bukhari)

 

Baca juga : 3 Peristiwa Bersejarah Yang Terjadi di Bulan Ramadhan

 

Kemuliaan Lailatul Qadar

.

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu ? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah melaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala usrusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar” [Al-Qadar : 1-5]

Dari kandungan ayat tersebut, dapat disimpullkan kemuliaan lailatul qadar ini terletak pada nilainya yang lebih baik dari seribu bulan. Selain itu malam tersebut adalah waktu diturunkannya para malaikat untuk mengatur segala urusan.

Dikutip dari tirto.id, Muhammad Quraish Shihab menerangkan ketika itu malaikat memang turun dan mengunjungi seseorang. Malaikat pun senang dengan segala hal yang bersifat kebaikan.

Keutamaan lain malam lailatul qadar juga dapat diketahui dalam hadis riwayat Imam Bukhari. Dosa-dosa manusia yang sudah dilakukan terdahulu pun bisa diampuni ketika ia menjalankan shalat malam pada malam tersebut.

.

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Sebagaimana keterangan dalam hadis, “Barangsiapa shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau” (HR. Imam Bukhari).

INTERNATIONAL ISLAMIC EDUCATION COUNCIL

CALL CENTER ADMISSION: +62811 34 67 67

+62 (21) 527 – 4031 (Hunting)

LINE: IIEC-EDU

Email: info@iiec-edu.com

Address : Palma One Building 4th, Jl H.R. Rasuna Said Kav X-2 No.4 Jakarta, Indonesia. 12950

Official Youtube Channel: Youtube IIEC

Facebook: International Islamic Education Council

Instagram: @IIEC_IISS_IIHS

Klik untuk chat
Assalamualaikum Wr Wb,
Selamat datang di Call Center IIEC
Powered by