Bulan Ramadhan merupakan bulan di mana orang beriman mempunyai kesempatan begitu luas untuk beribadah dan berdoa kepada Allah SWT. Dan waktu terbaik untuk berdoa dan berpeluang besar dikabulkan Allah SWT tersebar dalam beberapa momen sepanjang puasa Ramadhan.

Maka sangat akan merugi jika para muslim tidak memanfaatkan bulan Ramadan ini dengan memperbanyak amalan. Sebab, selain nilai ibadah dilipatgandakan, doa-doa yang dipanjatkan pun mudah diterima oleh Allah SWT.

Namun tahukan kamu, ada waktu-waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan? Pada waktu-waktu itulah doa-doa mudah dikabulkan. Menurut para ulama, ada beberapa waktu waktu utama terkabulnya doa di bulan Ramadan. Penasaran kapan saja? Berikut ulasannya :

 

1 . Doa Diwaktu Sahur

Doa Diwaktu Sahur

Pada hari-hari biasa, sepertiga malam yang terakhir merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Di bulan Ramadhan, berdoa di waktu ini lebih mudah bagi banyak orang karena umumnya waktu ini adalah waktu sahur.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

 

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

 

2 . Doa Saat Berpuasa

Doa Saat Berpuasa

Doa Saat Berpuasa

Selama berpuasa juga merupakan waktu yang paling cepat untuk dikabulkannya doa-doa kita. Setiap doa yang dipanjatkan akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Selipkan doa-doa itu pada setiap salat 5 waktu yang kita kerjakan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305)

 

3 . Doa Diwaktu Berbuka Puasa

Doa Diwaktu Berbuka Puasa

Doa Diwaktu Berbuka Puasa

Waktu yang lainnya adalah waktu ketika menjelang berbuka puasa. Waktu yang kita nanti-nanti setelah berjuang seharian menahan lapar dan amarah. Siapa sangka waktu tersebut juga dinantikan Allah SWT untuk mendengarkan doa-doa dari umatNya

Sebagaimana disebutkan dalam hadis pada poin 2 di atas,  orang yang berbuka puasa berpotensi besar doanya dikabulkan oleh Allah SWT karena ia telah melaksanakan ketaatan terhadap Allah SWT.

 

 

Artikel ini disadur dari berbagi sumber : beritagar.id & hidayatullah.com

 

INTERNATIONAL ISLAMIC EDUCATION COUNCIL

CALL CENTER ADMISSION: +62811 34 67 67

+62 (21) 527 – 4031 (Hunting)

LINE: IIEC-EDU

Email: info@iiec-edu.com

Address School: Palma One Building 4th, Jl H.R. Rasuna Said Kav X-2 No.4 Jakarta, Indonesia. 12950

Official Youtube Channel: Youtube IIEC

Facebook: International Islamic Education Council

Instagram: @IIEC_IISS_IIHS

Klik untuk chat
Assalamualaikum Wr Wb,
Selamat datang di Call Center IIEC
Powered by