Our Story

International Islamic Education Council (IIEC) adalah yayasan penyelenggara pendidikan dari SMA International Islamic High School (IIHS). Didirikan di Indonesia sebagai lambang representasi umat Islam terbesar di seluruh dunia. Merupakan institusi pendidikan Islam Internasional dengan konsep menyatukan pendidikan rohani dan jasmani, menyatukan pendidikan duniawi dan ukhrawi, serta pendidikan yang senantiasa menghadirkan Allah SWT disetiap aspek kehidupan. 


Pendidikan IIEC adalah berdasarkan Al-Quran dan sunnah Rasul SAW yang menghantarkan manusia pada cakrawala ilmu yang terang benderang, melebur tembok-tembok perbedaan serta menembus tabir-tabir kegelapan. Pendidikan ini mengantarkan anak-anak kita untuk dapat menjadi umat yang mampu mengimplemantasikan Islam secara utuh dan konsisten, karena dengan demikianlah mereka dapat menjadi lokomotif serta menjadi tulang punggung tegaknya kemuliaan hidup di muka bumi ini. 


Kini saatnya kita membawa perubahan itu dan dengan pendidikan Islam lah manusia akan menjadi manusia yang seutuhnya. Bersama mari kita tegakan pilar dan kibarkan bendera Islam, Ishadu bi ana muslimun-behold and testify, verily we are muslims. Semoga Allah memudahkan segala urusan kita.

Dr. H. Emil Abbas, MBA
Founding Father of IIEC

Indonesia: International Islamic Education Council/IIEC merupakan institusi pendidikan Islam internasional yang berada di pusat kota Jakarta dan menghadirkan sebuah sistem pendidikan yang komprehensif dan mengakomodir kebutuhan pendidikan yang mampu mendidik siswa siswinya agar menjadi Muslim yang kaffah. Didirikan pada tanggal 23 Februari 2007 oleh Dr. Emil Abbas untuk mengakomodasi kebutuhan akan pendidikan yang berdasarkan pada Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Layanan utama IIEC adalah konsep sekolah boarding intermoda yaitu SMP IISS (International Islamic Secondary School) dan SMA IIHS (International Islamic High School) yang ditopang oleh 5 pilar sebagai kurikulumnya. Kurikulum International Islamic Education Council dikenal dengan 5 pilar sebagai penyangga eksistensi manusia seutuhnya, pilar-pilar tersebut adalah Language, Islamic Studies, Academic Excelent, Interpersonal Skill, Overseas Program.

Our Testimonials

logo

Setelah lulus menjadi alumni, saya merasa bahwa apa yang saya dapat selama di IIHS itu sangat penting dan berharga. Tidak hanya mengejar ilmu akademik, tetapi kita juga bisa mendapat ilmu agama yang tentunya sangat penting dan merupakan hal yang urgent di masa sekarang.

Amirah Febrianti Ismail, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin (Alumni IIHS).

logo

Dengan konsep pendidikan yang berbeda dari sekolah lain, IIHS memberi saya banyak sekali pengalaman berharga yang tak akan terlupakan dalam hidup saya. Khususnya kurikulum overseas program yang menjadi sarana bagi murid-murid IIHS untuk mengaplikasikan segala pengetahuannya.

Really Mal Karamah, Medical faculty University Yarsi (Alumni IIHS.

logo

IHS merupakan tempat anak saya belajar dan menimba ilmu selama 2 tahun lamanya pada tingkat SMA. Sedari awal anak saya masuk sebagai siswa IIHS sampai  lulus pada tahun 2014 banyak sekali pengalaman dan pembelajaran yang didapatkan baik dalam dunia akademis, sosial, keagamaan bahkan pengalaman international.

Ir.H.Hendy Siswanto, Businessman (Students Parent).

logo

Saya senang sekali menjadi alumni dari SMA IIHS karena IIHS sebuah sekolah yang kenyamanannya seperti dirumah dan banyak sekali yang saya dapatkan yang sangat bermanfaat dan insha Allah masih diterapkan ketika saya sudah lulus. Setelah sekolah di SMA IIHS saya jadi lebih mandiri, disiplin mengatur waktu dan bagaimana menjadi seorang muslimah yang baik.

Ainun Rahmah Azhar Madhy, Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (Alumni IIHS).

logo

Menurut saya IIHS adalah sekolah dengan konsep yang sangat bagus untuk menudukung para siswa-siswi nya dalam belajar mengenai banyak hal dengan fasilitas yang juga lengkap, Asrama yang merupakan tempat tinggal siswa-siswi IIHS selama belajar di sekolah ini sangat membantu memaksimalkan efektifitas kegiatan untuk siswa-siswi di sekolah ini.

Dedek Muhammad, Executive Director The Scientific Research Institute Faculty of Law Universitas Indonesia (Alumni IIHS).

logo

Dunia dapat, Akhirat dapat

Indri Dian Sukmawati, S.,Farm, Alumni IIHS Angkatan 5.

logo

High school was designed as a one-size-fits-all experience, and most anyone who doesn’t fit falls through the holes. Explore your options! You’re going to find your way, and you’re going to be proud of yourself, and you’re going to achieve things you never thought were possible for you, and it’s going to be amazing!!!

Zahra Firdausy B.HSc, Alumni IIHS Angkatan 5.

5 Pillars

1. Bahasa (Language)

Bahasa diletakkan sebagai pilar pertama, karena bahasa merupakan kunci untuk meraih ilmu pengetahuan. Dengan bahasa baik lisan maupun tulisan ilmu dapat ditransfer atau diterima oleh peserta didik. Oleh karena itu bahasa menjadi salah satu program yang mendapatkan perhatian khusus, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab sebagai bahasa asing.

2. Keislaman (Islamic Studies)

Program Islamic Studies diarahkan untuk mengembangkan wawasan keagamaan yang luas, terbuka dan dapat mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari serta memberi warna dalam semua aspek kehidupan sehingga terlahir pribadi yang shaleh pada tingkat spiritual.

Program Islamic Studies terdiri dari mata pelajaran pokok seperti Aqidah, Akhlaq, Alquran dan Hadis, Fiqih, Tafsir, Sejarah Islam, Current Issues, Qur’anic Language, Praktik Ibadah, Praktik Dakwah, Islamic Character Building dan Wisata Rohani yang dilaksanakan di sekolah maupuan di asrama.

3. Akademik (Academic Excelent)

Kegiatan Akademik diarahkan untuk mengembangkan intelektual siswa sehingga terlahir pribadi yang rasional, objektif, dan kritis sehingga dapat bersaing secara global.Program akademik menggunakan kurikulum nasional dan kurikulum berciri khas Internatioanl Islamic Education Council (IIEC).Pendidikan di IIEC diarahkan semua aspek kebutuhan siswa sesuai dengan bakat dan keinginannya.

4. Kemampuan Interpersonal (Interpersonal Skill)

Pengembangan diri adalah kegiatan yang diarahkan untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.

Program ini juga diarahkan untuk mengembangkan kemampuan personal (personal development) baik yang softskill maupun yang hardskill untuk kemandirian siswa, pembangunan karakter hidup sesuai dengan tuntunan hidup global. Interpersonal skill program meliputi general skills, communication skills, technology, self defence, art, sport, the great vision.


5. Overseas Program


Sesuai dengan visi dan misi yang diperjuangkan oleh IIEC, yaitu membangun pendidikan Islam International berdasarkan Alquran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk menegakkan eksistensi manusia sebagai khalifatullah fi al-‘ard.” Maka perlu adanya suatu program yang dapat mengantarkan visi dan misi tersebut, yaitu Overseas Program sebagai salah satu pilar dari 5 komponen penting yang mendasari perjuangan International Islamic Education Council, selain Bahasa, Islamic Studies, Academic Excellent dan Interpersonal Skills.


Overseas program adalah program belajar di luar negeri selama lima-delapan minggu. Dalam program ini siswa tidak hanya belajar bahasa dan budaya negara tujuan overseas, tetapi juga dituntut untuk menunjukkan bakat dan kreasinya dalam pementasan budaya Indonesia yang akan disaksikan oleh masyarakat negara yang akan dikunjungi.

Program ini mengarahkan siswa untuk mengembangkan wawasan internasional dan global, sehingga terbentuk perspektif dan mindset global tentang bahasa, budaya, gaya hidup, ilmu dan teknologi yang sangat dibutuhkan untuk masa depan mereka, terutama dalam melihat tantangan, peluang, serta modal yang harus dimiliki agar dapat survive dan kompetitif dengan warga dunia. Selain untuk membuka wawasan terhadap dunia luar, overseas program juga membuka kesempatan untuk memperoleh pengalaman berbahasa dan berkomunikasi baik Bahasa Arab sebagai bahasa Al Qur’an dan Hadist, maupun Bahasa Inggris, dengan lingkungan yang mendukung. Dengan Overseas Program ini diharapkan seluruh peserta dapat menimba ilmu dan pengalaman yang sebanyak-banyaknya, sehingga memberikan nilai tambah bagi peserta sendiri maupun lingkungannya.

Oleh karena itu dibawah ini sebagian kegiatan yang dilakukan oleh siswa/i IIEC selama program overseas: - Belajar bahasa Inggris atau bahasa Arab secara intensif dan optimal - Homestay dengan masyarakat setempat dalam rangka menjalin sebuah ikatan persahabatan serta menambah kemandirian - Cultural performance pada beberapa instansi baik publik maupun private. Sebagai duta bangsa, siswa/i IIEC harus mampu memperkenalkan keragaman serta kekayaan budaya serta dapat mengangkat martabat bangsa - Field Trip atau perjalanan wisata ke beberapa tempat penting dan bersejarah sehingga dapat menambah wawasan siswa/i IIEC - Ibadah Umrah (jika negara tujuan overseas adalah negara-negara di kawasan timur tengah) yang dapat meningkatkan ketaqwaan dan nilai-nilai Islam para peserta program selama rentetan pelaksanaannya.